MI Muhammadiyah 2, Cipayung, Kota Depok mengikuti Kejurnas Pencak Silat Antar Pelajar Nasional

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 2, Cipayung, Kota Depok pada tahun ini berpartisipasi ikut serta dalam Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar Nasional. Kejurnas Pencak Silat Antar Pelajar ini dilaksanakan dari tanggal 16 s.d. 20 November 2016 di Pusat Pelatihan Pencak Silat Nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Hampir seluruh anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) mengikuti Kejuaraan Tingkat Nasional ini, seperti Merpati Putih, Perisai Diri, dsb.

img-20161119-wa0000img-20161119-wa0001

Gambar 1 dan 2: Perwakilan Peserta MI Muhammadiyah 2, Kota Depok dari kiri Mahmoud Nuuramin Rais (Nusis), Putra, Jundi, Alif berphoto bersama dengan Kepala Sekolah (Bapak Iwan) dan Pelatih (Bapak Toni) sebelum turun bertanding.

Aktivitas pencak silat MI Muhammadiyah 2, Depok merupakan kegiatan ekstra kulikuler Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci. Tapak Suci ini merupakan organisasi pencak silat yang secara resmi menjadi anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Tapak Suci di MI Muhammadiyah karena merupakan kegiatan ekstra kulikuler maka setiap siswa selalu siap untuk setiap saat mengikuti apabila ada kejuaraan pencak silat.  Pada tahun ini, dengan Pelatih yang baru (Bapak Toni) maka siswa bersemangat untuk berlatih keras karena latihannya dikondisikan sesuai dengan kondisi bertandingan pencak silat sebenarnya.

20161119_082852

Gambar 3: Mahmoud Nuuramin Rais (Nusis) dan Putra berpose di depan spandung Kejunras Pencak Silat Antar Pelajar yang dipasang di pintu luar masuk gedung sebelum turun bertanding.

Perwakilan peserta siswa yang ikut Kejurnas Pencak Silat Antar Pelajar ini terdiri dari 6 siswa (5 orang dari kelas 5, 1 orang dari kelas 6) meskipun memang sangat disayangkan tidak ada perwakilan dari siswi. Memang untuk ikut dalam kejuaraan pencak silat seperti ini bekalnya bukan hanya cukup dengan semangat ikut, menguasai teknis beladiri, tetapi juga keberanian dan rasa percaya diri disamping dukungan orang tua tentunya. Oleh karena itu, dengan dukungan segenap dewan guru, orang tua dan siswa-siswi MI Muhammadiyah 2, maka seluruh perwakilan  (Nuris, Putra, Jundi, Alif, Hamzah) dilepas dengan menaiki taxi, ada yang naik motor dengan terikan semangat untuk menang, menang dan menang.

img-20161123-wa000020161119_105646

Gambar 4: Mahmoud Nuramin Rais (Nuris) sedang memasang pengaman sebelum turun bertanding pada Babak Kedua.

Memang semangat dan niatan untuk menang tidak selalu harus direalisasikan, perwakilan peserta Tapak Suci Muhammadiyah 2, Depok hanya sampai pada Babak Kedua. Namun, hal ini tidak menjadi masalah karena pendidikan bagi siswa-siswi itu bukan hanya tulisan di atas kertas. Namun pendidikan mental berani bertanding, mental menerima kekalahan, mental bekerja sama itu sangat berharga buat siswa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, pada hakikatnya anak-anak telah menang dalam kejuaraan ini, karena anak-anak telah menang menaklukan rasa takut, rasa tidak percaya diri, rasa menang sendiri dan …..

20161119_14390820161119_105731

Gambar 5 dan 6: Photo Alif dan Nuris sedang bertanding.

Selamat buat siswa MI Muhammadiyah 2 yang telah berpartisipasi dalam Kejurnas Pencak Silat Antar Pelajar tahun ini. Semoga tahun depan dapat berpartispasi kembali…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s