MI Muhammadiyah ikut Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2016 se Kec Cipayung, Depok

Kompetisi antar siswa, antar sekolah terutama di tingkat madrasah bukan semata-mata dijadikan sebagai ajang cari juara, tetapi lebih dari itu. Kompetisi siswa bukan hanya diuji kemampuan intelektualnya tetapi juga bagaimana kemampuan mental siswa dalam menghadapi kompetisi yang sedang diikutinya. Bagaimana siswa dilatih untuk berpikir nalar, berlatih sabar, berlatih ketelitian, berlatih berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia luar sekolahnya. Jadi, juara kompetisi hanya sebagai media menjaring siswa terbaik dari yang terbaik di sekolahnya masing-masing.

Oleh karena itu, siswa yang tidak menjadi juara di kompetisi antar sekolah ini, pada hakikatnya dia tetap menjadi juara karenanya pihak sekolah asal harus tetap memberikan penghargaan terhadap siswa-siswa yang ikut kompetisi antar sekolah ini. kegagalan dan keberhasilan anak didiknya merupakan sarana pemicu untuk memperbaiki diri, bahwa ternyata masih ada kekurangan internal sekolah yang menjadi media siswa melakukan proses belajar – mengajar selama ini. Ada yang perlu dibenahi dalam manajemen sekokah, perlu ditingkatkan kemampuan guru-guru bidangnya, ada yang perlu ditingkatkan cara mengajar gurunya, ada yang perlu diperbaiki sarana prasarana phisik yang ada meskipun tidak harus memberikan sesuatu yang baru kepada siswa didiknya,

Guru sebaga pendidik yang baik harus legowo menerima kritik dari siswa yang kritis untuk perbaiki diri, jangan langsung menyalahkan siswa yang kritis ini tetapi harus diarahkan pada hal yang positif karena pada dasarnya siswa kritis terhadap kemampuan dan sikap guru dalam memberikan proses belajar mengajar pada hakikatnya menjadi pembelajaran seluruh siswa yang ada, sekolah harus terbuka dalam mengelola sekolah baik kepada orang tua maupun siswa karena hal ini sebagai pembelajaran agar tidak terjadi kecurangan dan siswa akan mengingat-ingat hal ini untuk tidak melakukan kecurangan meskipun sekecil apapun yang Allah SWT pun marah apabila hambanya melakukan hal tersebut.

Jadi hasil kompetisi antar sekolah ini harus menjadi perenungan diri piminan madrasah, bahwa masih ada kekurangan selama ini yang ada di sekolah dari A sampai Z, termasuk dalam mempersiapkan anak didiknya untuk ikut serta dalam mengikuti ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) pada tahun 2016 sekarang, yang diadakan Madarasah Ibtidaiyyah Sirojul Athfal 1, Cipayung.

MI Muhammadiyah 2, sebagai bagian dari madrasah yang ada di Kecamatan Cipayung juga mengirimkan 3 (tiga0 perwakilan siswanya ke KSM 2016 ini. Mahmoud Nuuramin Rais (Bidang Ilmu Pengetahuan Alam), Alfun (Bidang Matematika), dan Bidang Pendidikan Agama Islam. Hal menarik dalam KSM 2016 ini, bukan hanya bidang yang diikuti siswa saja yang dikompetisikan tetapi semua siswa diuji juga kemampuan dan pemahaman keagamaannya termasuk membaca ayat Suci al-Qur’an.

Pada KSM 2016 ini, dari 3 (tiga0 bidang yang dikompetisikan ternyata MI Muhammadiyah 2 baru mampu meraih Juara III untuk Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan diwakili oleh Mahmoud Nuuramin Rais (siswa kelas IV, MI Muhammadiyah 2). Sedangkan Juara Umum diraih tuan rumah MI Sirojul Athfal 1 dengan meraih juara I (Bidang Matematika dan PAI) dan juara II (Bidang IPA).

20160409_140518

Mahmoud Nuuramin Rais (sebelah kiri), sebagai salah satu dari Tiga Perwakilan Siswa MI Muhammadiyah 2, Depok

20160409_151146 20160409_151122

Mahmoud Nuuramin Rais (nomor dua dari kanan), dari MI Muhammadiyah 2, Depok menerima hadiah Juara III, Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dalam KSM 2016 di MI Sirojul Athfal 1, Cipayung – Kota Depok

20160409_151359

Mahmoud Nuuramin Rais (tengah), berphoto bersama 2 (dua) teman perwakilan dari MI Muhammadiyah 2, Depok didampingi Ibu Guru Pendamping, Ibu Neneng Kurniasih, SPd (sebelah kiri) dan Ibunya, Attik Roofiah, SPi (sebelah kanan) sebelum meninggalkan lokasi KSM 2016.

Selamat Mahmoud Nuuramin Rais, Selamat Dewan Guru dan Mi Muhammadiyah 2, Depok dan Selamat Ibu Attik Roofiah yang selalu setia mendampingi proses belajar putranya. Semoga Tahun Depan Dapat Lebih Baik Lagi…..

Man Jadda Wa Jada”Siapa yang bersungguh-sungguh maka akan menikmati hasilnya”

Citayam, Bogor : Senin, 11 Maret 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s